Symphisis Pubis Disfunction

28 Weeks Pregnant

Kali ini saya pengen bahas tentang Symphysis Pubis Disfunction atau biasa disingkat dengan SPD. Menurut yang saya baca di http://www.bidankita.com. Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP) adalah suatu kondisi yang menyebabkan nyeri pada satu atau lebih sendi panggul dan kesulitan berjalan. Hal ini paling sering berhubungan dengan kehamilan tetapi juga dapat terjadi pada wanita yang tidak hamil dan laki-laki juga, kadang-kadang sebagai akibat dari cedera atau trauma.

Apa saja gejala dari SPD, PGP?

Gejala ini dapat dimulai pada setiap titik kehamilan, beberapa wanita merasakan selangkangannya berdenyut tidak nyaman dan di wanita lainnya mengalami sakit parah hingga mereka merasa sulit untuk berjalan, gejalanya antara lain:

  1. Kemaluan sakit
  2. Kemaluan tidak nyaman ketika disentuh walaupun menyentuhnya dengan lembut; disini ibu hamil biasanya merasa tidak nyaman ketika dilakukan pemeriksaan atau pengukuran tinggi fundus
  3. Tulang ekor sakit, terutama di daerah sakro-iliaka
  4. Merasa kesulitan / nyeri saat berguling di tempat tidur atau merasa nyeri ketika beralih posisi dari miring kekiri ke kanan saat tidur. *saya bangetttt*
  5. Kesulitan / nyeri ketika naik turun tangga, masuk dan keluar dari mobil, duduk atau berdiri, mengenakan pakaian, membungkuk, mengangkat, berdiri di satu kaki, mengangkat benda berat, dll
  6. Linu pada panggul (nyeri di pantat dan menuruni kaki)
  7. Bunyi “Mengklik” di panggul saat berjalan
  8. Kesulitan mulai berjalan, terutama setelah bangun tidur
  9. Perasaan seperti pinggul tidak pada tempatnya atau harus pop sebelum berjalan
  10. Disfungsi kandung kemih (inkontinensia sementara pada saat perubahan posisi)
  11. Nyeri lutut atau nyeri di daerah lain terkadang juga dapat menjadi efek samping masalah panggul
  12. Perasaan sesak di punggung bagian atas rasa sakit biasanya diperburuk ketika Anda memisahkan kaki/meregangkan, berjalan, naik atau turun tangga atau bergerak di sekitar di tempat tidur. Dan rasa ini biasanya sering jauh lebih buruk pada malam hari dan dapat membuat Anda merasa kesulitan tidur. Bangun untuk pergi ke toilet di tengah malam bisa sangat menyakitkan.

Apa yang menyebabkan Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP)?

Tidak ada yang tahu penyebab pasti tetapi sejumlah faktor yang berbeda telah diidentifikasi yang meliputi:

  1. Pada kehamilan terjadi peningkatan dalam jumlah jumlah hormon relaksin yang menyebabkan pelunakan ligamen seluruh tubuh. Akibatnya otot-otot sekitar punggung bawah dan panggul harus bekerja lebih keras untuk mendukung tubuh dan dalam beberapa kasus, karena in maka otot-otot harus bekerja keras sehingga mengakibatkan rasa sakit.
  2. Perubahan Postural yang terjadi pada kehamilan karena ukuran pertumbuhan dan berat bayi
  3. Otot panggul yang biasanya mendukung panggul tidak bekerja secara efffectif seperti ketika tidak dalam kondisi hamil karena berat bayi menekan dasar panggul
  4. Otot-otot perut dan tulang rusuk yang membentang karena bayi yang sedang tumbuh
  5. Perbedaan antara gerakan sendi panggul terutama sendi iliaka sakro di bagian belakang panggul dapat dikaitkan dengan nyeri
  6. Penelitian telah menemukan bahwa pada semua wanita pasca melahirkan ada beberapa yang mengalami pelebaran simfisis pubis dan ini sangat bervariasi dari wanita satu ke wanita lain. seorang Wanita mengalami pelebaran simfisis pubis yang banyak dapat mengalami rasa sakit.

Apa obat untuk Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP)?

Tidak ada untuk Symphisis Pubis Disfunction (SPD)sekarang / Pain Girdle Pelvis (PGP) *nangis kejer*

  1. Banyak ibu hamil yang telah melaporkan perbaikan gejala mereka setelah melakukan yoga yang dirancang secara individual untuk meningkatkan stabilitas panggul
  2. Sebuah sabuk untuk mendukung/menyokong panggul juga dapat berguna sebagai tindakan antisipasi atau pertolongan sementara. Jika Anda mengalami rasa sakit yang meningkat ketika menggunakan sabuk, coba temui fisioterapis karena hal ini dapat mengindikasikan masalah misalignment. Jika satu-satunya pengobatan Anda ditawarkan adalah sabuk dan Anda masih mengalami masalah dengan nyeri dan / atau mobilitas kembali dan meminta untuk diperiksa kembali.
  3. Terapi lain yang mungkin berguna termasuk osteopati dan chiropractic tetapi penting bahwa Anda melihat praktisioner terdaftar yang berpengalaman dalam mengobati nyeri panggul.

Kenapa saya bahas tentang SPD ini?? Ya karena saya mengalaminya sodara-sodara. Sudah hampir sebulan ini saya kena gejala SPD ini. Pengalaman pas hamil pertama dulu sih nggak ngalamin. Memang dari yang saya baca tidak semua ibu hamil mengalami ini. So, bagi yang mengalami ya disyukuri saja. Kalo yang saya rasakan sih yang paling berat itu adalah ketika tidur malam hari ketika beralih posisi tidur itu rasanya sungguh mak nyussssss. Nyeri dan ngiluuuuu bingits. Selain itu kalo pas mau bangun dari tidur sama pas lagi pake celana itu juga berasa banget ngilunya. Subhanallah deh pokoknya. Beruntungnya sih sebelum kejadian ini saya udah sempat baca-baca artikel di bidankita.com, meski nggak bantu menghilangkan sakitnya, tapi setidaknya membuat saya sedikit tenang menghadapi kondisi ini (baca: tenang saat nahan sakit yang WOW). Yang pernah ngerasain bakalan tau deh gimana rasanya.

Meski begitu saat periksa ke bidan dan ke dokter saya tetep cerita ke blionya tentang kondisi yang saya alami ini. Penasaran aja pengen tau kalo menurut mereka bagaimana. Kata blio-blionya sih itu memang wajar dan normal. Lebih kepada pengaruh membesarnya rahim. So, musti dinikmatin saja sakitnya. Sepanjang sakitnya nggak yang super parah yang sampe nggak bisa ditahan. Halo,,,,,,, nikmatin sakit itu yang kayak gimana ya????? Mana nggak ada obatnya pulak, hu hu hu. Meski nggak puas dengan penjelasan mereka, akhirnya dan akhirnya sayapun nurut saja apa kata bidan dan dokter. Nggak mungkin kan saya ngeyel. Toh dari banyak artikel yang saya baca emang begono, ini sakit emang bakalan menghilang dengan sendirinya kalo dedek bayinya ntar udah lahir. Berasa lamaaaa kalo musti nunggu lahiran nanti yes. Tapi ya saya emang harus mencoba menikmatinya.

So, tips kecil dari saya yang ingin saya bagi buat bumil kece yang ngalamanin SPD adalah :

  1. Sadar sesadar-sadarnya kalo SPD ini banyak dialami oleh bumil, bukan cuma kita doang.
  2. SPD itu nggak ada obatnya, cara terbaik mengatasinya adalah dengan mencoba menikmatinya.
  3. Lakukan dengan sangat pelan-pelan ketika akan merubah posisi tidur, begitu juga saat pake celana atau pas mau berdiri.. Kalo perlu pake celana sambil duduk.
  4. Lakukan relaksasi sesering mungkin.
  5. Beberapa posisi yoga membantu mengurangi sakit. Rajin-rajin olahraga ya.
  6. Dan yang paling penting adalah dukungan penuh dari pasangan kita. Coba saja bandingin jika suami kita bilang “Ya harus sabar Mah, semua ibu hamil juga begitu” dengan suami yang bilang “Kamu pasti kuat sayang, nanti kalo debaynya lahir pasti semua rasa sakitnya langsung hilang”. Hayo,,,,pilih yang mana???

Intinya sih bumil harus sebisa mungkin menikmati kehamilannya. Karena kondisi masing-masing bumil memang berbeda. Bahkan pada bumil yang sama antara kehamilan yang pertama dengan berikutnya bisa jadi berbeda rasanya. Saya juga begitu. So, makin ke sini saya makin banyak belajar, semakin rajin memberdayakan diri saya untuk menjalani masa kehamilan dan mempersiapkan persalinan saya nanti yang insyaAllah akan berasa menyenangkan, aman dan lancar. SPD hanyalah sebagian kecil pengalaman kehamilan saya, bukan sesuatu yang super istimewa yang mengganggu dan mengkhawatirkan kehidupan saya. Itu hanya hal kecil semacam mual muntah atau gatal-gatal yang biasa dialami bumil lainnya.

So, saya masih harus menikmati SPD saya ini sampai 12 minggu ke depan sampai jagoan kecil saya lahir nanti. Nggak sabar nunggunya sih. Nunggu segala ngilu dan nyeri ini musnah menghilang selamanya.

 

Tinggalkan Balasan

